GEMAR MERANGKAI

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud. Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan berdasarkan perikemanusiaan, pemberdayaan dan kemandirian, adil dan merata, serta pengutamaan dan manfaat dengan perhatian khusus pada penduduk rentan antara lain ibu, bayi, anak, manusia usia lanjut (manula), dan keluarga miskin.

Perhatian khusus harus diberikan terhadap peningkatan kesehatan ibu termasuk bayi baru lahir, dengan menyelenggarakan berbagai upaya terobosan yang didukung oleh  berbagai pihak terutama upaya kesehatan yang bersumber daya Masyarakat  ( UKBM ).

Target AKI ( Angka Kematian Ibu ) di Indonesia pada tahun 2017 adalah 102 kematian per 100.000 kelahiran hidup, dan target AKB ( Angka Kematian Bayi ) adalah 23 kematian per 1000 kelahiran hidup. sementara di Kabupaten situbondo pada tahun 2016, AKI mencapai 187 kematian per100.000 kelahiran hidup dan AKB mencapai 11 kematian per1000 kelahiran hidup.

Berdasarkan data PWS Kesehatan Ibu & Anak di Puskesmas Mlandingan Tahun 2016tidak terdapat kasus kematian Ibu dari 280 kelahiran hidup, akan tetapi pada januari tahun 2017 terjadi 1 kasus kematian Ibu disebabkan oleh kehamilan resiko tinggi. Sedangkan kejadian kematian bayi berjumlah 12 kasus dari 271 kelahiran hidup dengan kasus terbanyak terjadi pada kehamilan resiko tinggi.

Pada akhirnya pemantauan pada ibu hamil tetap menjadi tanggung jawab penuh petugas kesehatan apabila tidak melibatkan seluruh sektor yang ada di wilayah. Sangat disayangkan jika sumber daya manusia di wilayah tidak berdaya guna dan tidak dilibatkan dalam upaya penurunan AKI ( Angka Kematian Ibu ) dan AKB ( Angka Kematian Bayi ).

Banyak lintas program, lintas sektor yang harus terlibat dalam penurunanangka kematian Ibu dan bayi, diantaranya dengan melibatkan Promkes (untuk promosi kesehatan), Kespro, Gizi, Lansia, dan Pusling serta Lintas sektor di kecamatandiantaranya denganpembentukan KEDER MERBABU (Kelompok Kader Pemerhati Bayi dan Ibu ), Optimalisasi Tim Satgas GERDU PENAKIB ( Gerakan Terpadu Penurunan AKI & AKB ) di kecamatan Mlandingan